MERUBAH KELISTRIKAN LAMPU AC KE FULL DC SUPRA X 125
Untuk mengubah kelistrikan lampu motor Supra X 125 dari AC ke Full DC merubahnya Tidak perlu ganti spul dan kiprok yang penting kiprok spul masih kondisi normal/sehat.
cara merubahnya hanya dengan memotong kabel
warna kuning disini saya tidak memotong kabel tetapi hanya mencopot skun dari rumahnya yg berada di panel depan motor yang dibungkus dengan karet, hanya mencari saja kabel berwarna kuning
polos (perhatikan kabel yang menuju lampu dan kiprok yang mengarah mesin) yang saya copot hanya skun yang menuju ke lampu dan skun kabel yg dari kiprok dibiarkan saja di rumah skun. setalah skun yang menuju lampu dilepas, hanya perlu dijumper saja dengan kabel pendek menuju kabel kontak yang berwarna merah hitam, untuk lebih safety saya menggunakan skun yang sama dengan skun model kecil. yang sudah 1 set dengan karet pelindung, setelah kabel kuning lampu terpasang ke kabel kontak pastikan rapi dalam pemasangan lalu tinggal tes kontak on sudah dipastikan saklar kanan posisi on, dari lampu rem senja belakang, lampu senja depan dan lampu utama hidup tanpa posisi mesin hidup.selesai
Dengan cara jumper / memindahkan arus, otomatis arus yang dikeluarkan aki menjadi lebih besar, tergantung beban (lampu utama, aksesoris dll), karena disini saya hanya menggunakan lampu utama led 2 sisi 2 biji yaitu merk tyto philips yang dari segi kualitas output yang dihasilkan cahayanya fokus dan harga lumayan hemat ekonomis.lampu led ini juga arusnya tidak terlalu membebani aki. jadi mantap untuk lampu led ini dan juga pasti ada kekuranganya di lampu led ini.
Setelah kelistrikan lampu semua sudah LED pastikan menggunakan aksesoris tambahan yaitu voltmeter digital untuk memantau kinerja voltase aki, kinerja kiprok dan juga kinerja spul.
warna kuning disini saya tidak memotong kabel tetapi hanya mencopot skun dari rumahnya yg berada di panel depan motor yang dibungkus dengan karet, hanya mencari saja kabel berwarna kuning
polos (perhatikan kabel yang menuju lampu dan kiprok yang mengarah mesin) yang saya copot hanya skun yang menuju ke lampu dan skun kabel yg dari kiprok dibiarkan saja di rumah skun. setalah skun yang menuju lampu dilepas, hanya perlu dijumper saja dengan kabel pendek menuju kabel kontak yang berwarna merah hitam, untuk lebih safety saya menggunakan skun yang sama dengan skun model kecil. yang sudah 1 set dengan karet pelindung, setelah kabel kuning lampu terpasang ke kabel kontak pastikan rapi dalam pemasangan lalu tinggal tes kontak on sudah dipastikan saklar kanan posisi on, dari lampu rem senja belakang, lampu senja depan dan lampu utama hidup tanpa posisi mesin hidup.selesai
Dengan cara jumper / memindahkan arus, otomatis arus yang dikeluarkan aki menjadi lebih besar, tergantung beban (lampu utama, aksesoris dll), karena disini saya hanya menggunakan lampu utama led 2 sisi 2 biji yaitu merk tyto philips yang dari segi kualitas output yang dihasilkan cahayanya fokus dan harga lumayan hemat ekonomis.lampu led ini juga arusnya tidak terlalu membebani aki. jadi mantap untuk lampu led ini dan juga pasti ada kekuranganya di lampu led ini.
Setelah kelistrikan lampu semua sudah LED pastikan menggunakan aksesoris tambahan yaitu voltmeter digital untuk memantau kinerja voltase aki, kinerja kiprok dan juga kinerja spul.
3 Comments:
Bang mau nanyain dong, saya udah berhasil mengikuti langkah langkah di atas,nah kendala nya kenapa baru dua hari di jumper si motor nggk mau di stater terus led di spdomter pada mati??
Ngaruh nggak kalo misalkan lampu utama kalo siang stop kontaknya di matiin??
Pastikan kiprok cas nya bagus...
Bang klo habis d rubah ke full dc trs biar lampu senja belakang dan lampu rem gk hidup barengan gmn?
Post a Comment
Subscribe to Post Comments [Atom]
<< Home